Rabu, 25 Mei 2011

KETAHANAN NASIONAL DI INDONESIA

                           Ketahanan nasional adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa yang terdiri atas keuletan serta ketangguhan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam bentuk tantangan, hambatan, ancaman, maupun yang merugikan negara Republik Indonesia ini.

 KETAHANAN NASIONAL DI INDONESIA



Contoh bentuk-bentuk ancaman menurut doktrin hankamnas :
  1. Ancaman di dalam negeri  
          contohnya : pemberontakan dan subversi yang berasal atau terbentuk dari masyarakat indonesia

     2.  Ancaman dari luar negeri
         
          contohnya : infiltrasi, subversi, dan interversi, dari kekuatan kolonialisme, dan imperialisme, serta invasi dari barat, udara dan laut dari musuh luar negeri.

Ciri-Ciri Ketahanan Nasional

  • Merupakan kondisi sebagai prasyarat utama bagi negara berkembang
  • Didasarkan pada metode astagrata, 
  • Berpedoman pada wawasan Nasional.
  • Dinamis, artinya ketahanan nasional tidaklah tetap, melainkan dapat meningkat ataupun menurun bergantung pada situasi dan kondisi bangsa dan negara, serta kondisi lingkungan strategisnya. 
  • Manunggal, artinya ketahanan nasional memiliki sifat integratif yang diartikan terwujudnya kesatuan dan perpaduan yang seimbang, serasi, dan selaras di antara seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  • Konsultasi dan kerjasama, artinya ketahanan nasional Indoneisa tidak mengutamakan sikap konfrontatif dan antagonis, tidak mengandalkan kekuasaan dan kekuatan fisik semata, tetapi lebih pada sifat konsultatif dan kerja sama serta saling menghargai dengan mengandalkan pada kekuatan moral dan kepribadian bangsa
SUMBER :
http://www.slideshare.net/imp0et/ketahanan-nasional
http://kakarisah.wordpress.com/2010/05/04/ketahanan-nasional-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar